Jokowi Tetap Terpopuler, Tapi Opini Relatif Berimbang

Pertarungan dua kandidat Pilkada DKI 2012 di ranah twitter semakin seru, pantauan dari Indexpolitica.com jumlah Buzz Pasangan Jokowi-Basuki masih memimpin dengan share of netizen sebesar 62% sementara Fauzi-Nachrowi sekitar 38%. Share of Netizen ini menunjukan jumlah unik user yang membicarakan suatu kandidat artinya dengan persentase tersebut, Jokowi Basuki jauh lebih populer dibandingkan Fauzi Nachrowi.

Gambar 1. Share of Netizen Weekly

Hanya saja ada pergeseran dari net sentiment. Net Sentimen ini menunjukan kadar opini masyarakat twitter terhadap pasangan kandidat. Positif artinya kesan di kepala para twitter baik sebaliknya negatif artinya kesan di kepala para twitter buruk. Beberapa minggu yang lalu pasangan Fauzi Nacrowi selalu mendapatkan sentimen negatif dari para twitter. Issue apa pun yang berkembang selalu berdampak negatif bagi pasangan ini. Sebaliknya pasangan Jokowi Basuki selalu mendapat opini yang positif dari para twitter. Namun sedikit berbeda dalam 7 hari terakhir dimana sentimen positif Fauzi Nachrowi sedikit mendominasi. Hal ini berhubungan dengan issue issue yang berkembang di twitter dan media online. Sepertinya serangan issue bertubi-tubi di arahkan kepada Jokowi Basuki oleh akun akun twitter berpengaruh dan pemberitaan media online. Hasilnya dapat dilihat bahwa opini yang terbentuk sekarang berimbang. Inilah yang menyebabkan PILKADA DKI kali ini beda, para kandidat sangat menyadari bahwa Social Media sangat berpengaruh dan harus di optimalkan sebaiknya baiknya.

Gambar 2. Sentimen Index Weekly [sumber  www.indexpolitica.com/sentimen]

Gambar 3.  Sentimen Index Hourly [sumber www.indexpolitica.com/sentimen]

Advertisements

3 thoughts on “Jokowi Tetap Terpopuler, Tapi Opini Relatif Berimbang

  1. Ga terlalu relevan menilai sentimennya. Mungkin memang benar secara kuantitatif pembicaraaan negatif mengenai Foke lebih sedikit, namun bila ditelusuri lebih dalam, pembicaraan negatif Jokowi diciptakan oleh bot pendukung Foke yang saling meretweet satu sama lain. Nah apakah crawler Indexpolitica bisa mendeteksi duplikasi komentar negatif ini dan mengukurnya dengan lebih akurat?

    • Ada algoritma yang digunakan untuk menentukan tingkat sentimen pembicaraan dalam twitter tentunya dengan mengabaikan pembicaraan bot. Akun akun yang terdeteksi bot sudah di filter, kedua kandidat menggunakan bot dan total bot keduanya mencapai 2 ribu akun. Terima Kasih mas Hariadhi.

      • Terima kasih untuk konfirmasinya 🙂 Apakah daftar bot selalu diupdate? Karena jumlahnya terus bertambah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s